Sirah Ringkas #1: Kelahiran Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam


Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam lahir pada hari senin bertepatan dengan tanggal 9 Rabi’ul Awwal pada tahun gajah tepatnya tahun 53 SH (Sebelum Hijrah/Hijriyyah) bertepatan tanggal 20 Agustus 571 M di kota Mekkah -syarrafaha Allah-.

Dan ayah beliau yang bernama Abdullah bin Abdul Muththaalib meninggal ketika berada di tempat paman-pamannya (dari jalur ibu) dari kabilah bani Najjar setalah kepulangannya dari perdagangan di negara Syam, dan Abdullah wafat di kota yatsrib (Madinah). Ketika Abdullah meninggal, istrinya yang bernama Aminah sedang mengandung Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam di awal-awal bulan kehamilan.  

Setelah Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam dikandung oleh ibunya selama 9 bulan, maka beliau pun dilahirkan. Kakeknya Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam yang bernama Abdul Muththalib langsung membawa beliau menuju ka’bah untuk diberkati, sebagaimana ini adalah kebiasaan orang-orang Arab ketika itu.

Kakenya menamakan Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam dengan “Muhammad”, padahal ketika itu nama Muhammad sangat asing di telinga orang-orang arab. Namun kakeknya berujar:

سميته محمدا ليكون محمودا عند الله وعند الناس

“Aku menamainya Muhammad agar dia menjadi orang yang terpuji di sisi Allah dan disisi manusia”

Abdurrahman Al-Amiry

Artikel: alamiry.net
----------
Kesempatan bagi anda untuk mendapatkan amal jariyah. Dukung media ilmu ustadz Al-Amiry dengan mengirimkan donasi ke salah satu rekening di bawah ini:

- BNI Syariah 0360066890 a.n Muhammad Abdurrahman
- BSM (Mandiri Syariah) 7108850811 a.n Muhammad Abdurrahman
- BCA 3000712298 a.n Muhammad Abdurrahman

(Rekening khusus operasional dan media dakwah).

Informasi: 0821 2121 2982 / 0821 8056 9933

Atas partisipasi dan bantuannya, kami ucapkan terima kasih. Jazakumullah khairal jazaa'.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar