0

Pertanyaan: “Shalat bermakmum kepada anak-anak yang belum baligh apakah sah ustadz?” (Tari, Malang)

Jawab:

Boleh bagi seseorang untuk menjadi ma’mum di belakang anak kecil yang belum baligh namun jika dia sudah mumayyiz dan dia bagus membaca Al-Qurannya. Dan hal itu sebagaimana yang terjadi di zaman nabi shallallahu alaihi wa sallam, ada seorang anak kecil yang menjadi imam padahal dia belum baligh dan beliau adalah “Amr bin Salamah”.

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam ditanya:

يَا رَسُولَ اللهِ مَنْ يَؤُمُّنَا؟ قَالَ:  أَكْثَرُكُمْ جَمْعًا لِلْقُرْآنِ

“Wahai Rasulullah, siapa yang menjadi imam kami?” Maka beliau menjawab: “Orang yang paling banyak hapalan Al-Quran di antara kalian”.

‘Amr bin Salamah radhiyallahu anhu berkata:

فَلَمْ يَكُنْ أَحَدٌ مِنَ الْقَوْمِ جَمَعَ مِنَ الْقُرْآنِ مَا جَمَعْتُ، قَالَ: فَقَدَّمُونِي وَأَنَا غُلَامٌ، فَكُنْتُ أَؤُمُّهُمْ وَعَلَيَّ شَمْلَةٌ لِي

“Maka tidak ada satupun dari kaumku yang menghapalkan Al-Quran sebanyak yang aku hapal. Maka mereka memajukanku dan aku masih kecil. Maka aku mengimami mereka dan di atas pundakku ada selendang milikku” (HR. Ahmad)

Dalam riwayat lain disebutkan:

فَقَدَّمُونِي بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَأَنَا ابْنُ سَبْعِ سِنِينَ، أَوْ سِتِّ سِنِينَ، وَكَانَتْ عَلَيَّ بُرْدَةٌ

“Maka mereka memajukan di hadapan mereka. Dan aku masih 7 tahun atau 6 tahun. Dan di atas pundakku ada selendang” (HR. Baihaqi)

Imam Ibnu Hajar Al-Asqalani rahimahullah (ulama besar madzhab syafi’i) berkata:

وَفِي الْحَدِيثِ حُجَّةٌ لِلشَّافِعِيَّةِ فِي إِمَامَةِ الصَّبِيِّ الْمُمَيِّزِ فِي الْفَرِيضَةِ وَهِيَ خِلَافِيَّةٌ مَشْهُورَةٌ

“Dan dalam hadits ini terdapat hujjah bagi syafi’iyyah akan kebolehan anak kecil yang sudah mumayyiz untuk menjadi imam dalam shalat fardhu dan ini adalah permasalahan khilafiyyah masyhuurah” (Fathu Al-Baari  8/23)

Semoga penjelasan singkat ini bermanfaat, wa shallallahu alaihi wa sallam. 



-----
Ingin pahala jariyah yang terus mengalir? Mari bergabung untuk menyebarkan dakwah sunnah dan dan islam yang murni bersama Kajian Al-Amiry. Kirim donasi anda ke salah satu rekening di bawah ini:

- Bank BCA No Rek 3000573069 a/n: Muhammad Abdurrahman
- Bank BNI No Rek 0360066890 a/n: Muhammad Abdurrahman

Donasi yang  diberikan akan digunakan untuk kelancaran dakwah kita bersama. Dan dukungan anda insya Allah akan semakin memperkuat dakwah sunnah di atas bumi Allah.

Nb: Mohon lakukan konfirmasi ke email: webkajianalamiry@gmail.com atau ke nomor 082282012864 jika bapak/ibu telah mengirimkan donasi.

Poskan Komentar

 
Top