0

Tidak dipungkiri terkadang niat kita sangatlah mulia, namun amalan tubuh kita yang mendustakannya. Mohon diwaspadai kembali, niat kita adalah menasihati. Namun mengapa cara kita adalah menelanjangi? Kita melihatnya melakukan sebuah kemunkaran namun kita menasihatinya di depan umum sehingga orang lainpun mengetahui aib dari saudara yang sedang kita nasihati.

Perhatikanlah kembali sabda Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam:

وَمَنْ كَشَفَ عَوْرَةَ أَخِيهِ الْمُسْلِمِ، كَشَفَ اللَّهُ عَوْرَتَهُ، حَتَّى يَفْضَحَهُ بِهَا فِي بَيْتِهِ

“Barangsiapa yang membuka aib saudaranya seislam, maka Allah akan membuka aibnya walau dia sedang berada di dalam rumahnya” (HR. Ibnu Majah dan dishahihkan oleh Al-Albani)

Nasihat ditolak karena ada dua sebab:


1- Karena hidayah Allah belum menyapa. Hal ini adalah suatu hal yang wajar karena kita hanya bisa memberikan hidayah petunjuk dan arahan, Allah berfirman:

وَإِنَّكَ لَتَهْدِي إِلَى صِرَاطٍ مُسْتَقِيمٍ

“Dan sesungguhnya engkau mampu memberikan arahan menuju jalan yang lurus” (QS. Asy-Syura: 52)

Namun kita tidak mampu memberikan hidayah taufik dan ilham. Allah berfirman:

إِنَّكَ لَا تَهْدِي مَنْ أَحْبَبْتَ وَلَكِنَّ اللَّهَ يَهْدِي مَنْ يَشَاءُ وَهُوَ أَعْلَمُ بِالْمُهْتَدِينَ

“Sesungguhnya engkau tidak mampu untuk memberikan hidayah kepada orang yang engkau cintai namun Allah memberikan hidayah kepada siapa saja yang Dia kehendaki. Dan Dia lebih tahu dengan orang-orang yang telah diberikan petunjuk” (QS. Al-Qasash: 56)

2- Karena kita salah dalam cara mensahati. Kita wajib menasihati saudara kita dengan lemah lembut dan bukan di depan umum. Itulah termasuk kecerdasan seseorang dalam fikh dakwah.

Maka dari itu, Allah berfirman bahwa jika kita salah cara dalam menasihati atau berdakwah maka manusia akan lari. Allah berfirman:

وَلَوْ كُنْتَ فَظًّا غَلِيظَ الْقَلْبِ لَانْفَضُّوا مِنْ حَوْلِكَ

“Dan seandainya kamu berbuat bengis dan keras, maka orang-orang akan lari darimu” (QS. Ali-Imran: 159)

Apa kita akan selalu ingin membuat manusia lari karena salah cara dalam menasihati ??

Wa shallallahu alaa nabiyyinaa Muhammad.


-----
Ingin pahala jariyah yang terus mengalir? Mari bergabung untuk menyebarkan dakwah sunnah dan dan islam yang murni bersama Kajian Al-Amiry. Kirim donasi anda ke salah satu rekening di bawah ini:

- Bank BCA No Rek 3000573069 a/n: Muhammad Abdurrahman
- Bank BNI No Rek 0360066890 a/n: Muhammad Abdurrahman

Donasi yang  diberikan akan digunakan untuk kelancaran dakwah kita bersama. Dan dukungan anda insya Allah akan semakin memperkuat dakwah sunnah di atas bumi Allah.

Nb: Mohon lakukan konfirmasi ke email: webkajianalamiry@gmail.com atau ke nomor 082282012864 jika bapak/ibu telah mengirimkan donasi.

Poskan Komentar

 
Top