2

Pertanyaan :

“Afwan, mau tanya hukum membunuh nyamuk degan raket nyamuk yang ada setrum listriknya dengan volume kecil,  hukumnya gimana ustadz. Karena ada hadist yang melarang membunuh binatang dengan membakar. Syukron,  jazakumullahu khairon” (Dari: Fetriansyah)

Jawab:

Hadits yang melarang membunuh binatang dengan membakar adalah hadits shahih. Disebutkan dalam riwayat Abu Daud, bahwasanya Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

لَا يُعَذِّبُ بِالنَّارِ إِلَّا رَبُّ النَّارِ

“Tidak boleh menyiksa dengan api kecuali Rabb pemilik api neraka” (HR. Abu Daud dan dishahihkan oleh Al-Albani)

Kita perlu pahami bahwasanya nabi shallallahu alaihi wa sallam melarang ummatnya untuk menyiksa sesuatu dengan api. Akan tetapi untuk raket nyamuk, dia bukan membakar melainkan menyetrum dengan tegangan listrik.

Buktinya, ketika kita memasukkan kertas atau kayu, maka benda tersebut tidaklah terbakar. Sebaliknya, jika kita menempelkan tangan kita dengan alat itu, maka kita akan kesetrum tanpa adanya pembakaran disitu. Maka dengan alasan ini, raket nyamuk tidaklah masuk ke dalam larangan yang ada dari nabi shallallahu alaihi wa sallam.

Dan para ulama juga membolehkannya karena alasan tersebut, salah satunya adalah syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin rahimahullah. Beliau berkata:

نرى أنه لا بأس به ، وأن هذا ليس من باب التعذيب بالنار ؛ لأنه حسب ما نعرف عنه أن الحشرة تموت بالصعق الكهربائي ، ويدل لهذا أنك لو أتيت بورقة وألصقتها بهذا الجهاز لم تحترق ، مما يدل على أن ذلك ليس من باب الاحتراق ، لكن من باب الصعق ، كما أن البشر لو مس سلك الكهرباء مكشوفاً لهلك بدون احتراق

“Kami melihat bahwasanya hal tersebut tidaklah mengapa. Dan itu bukanlah dari bagian menyiksa dengan api. Karena dari apa yang kami tahu, bahwasanya serangga yang terbunuh dengan raket itu, karena sebab setruman listrik. Buktinya kalau engkau mengambil sebuah kertas dan menempelkannya dengan alat tersebut maka kertas tadi tidak akan terbakar, ini yang menunjukkan bahwasanya dia bukanlah pembakaran akan tetapi penyetruman. Sebagaimana orang, jika dia menyentuh jalur listrik alat tersebut tanpa alas apapun maka dia akan merasa sakit tapi tidak terbakar” (Fatwa beliau bisa didengar langsung di situs pribadi beliau disini)


-----
Ingin pahala jariyah yang terus mengalir? Mari bergabung untuk menyebarkan dakwah sunnah dan dan islam yang murni bersama Kajian Al-Amiry. Kirim donasi anda ke salah satu rekening di bawah ini:

- Bank BCA No Rek 3000573069 a/n: Muhammad Abdurrahman
- Bank BNI No Rek 0360066890 a/n: Muhammad Abdurrahman

Donasi yang  diberikan akan digunakan untuk kelancaran dakwah kita bersama. Dan dukungan anda insya Allah akan semakin memperkuat dakwah sunnah di atas bumi Allah.

Nb: Mohon lakukan konfirmasi ke email: webkajianalamiry@gmail.com atau ke nomor 082282012864 jika bapak/ibu telah mengirimkan donasi.

Poskan Komentar

  1. secara aqli : yang dilarang membunuh dengan api itu mahluk hidup yg berukuran besar, tidak termasuk binatang serangga yg mengganggu seperti nyamuk,semut atau serangga lain yg lebih kecil dan sulit dimatikan dgn alat lain kecuali dengan api atau cairan yg mematikan.

    BalasHapus
  2. Assalaamu'alaikum, ustad. Bagaimana dengan membunuh kecoa, atau hewan kecil lainnya di kamar mandi dengan menyiram segayung air panas? Mengingat air panas tidak membakar kertas atau kayu .. soalnya saya pernah baca artikel tentang kesehatan bahwa terdapat cacing berbahaya dalam tubuh kecoa, yg apabila membunuh kecoa dengan di injak (tanpa alas kaki), maka cacing tersebut dapat menembus kulit kaki kita

    BalasHapus

 
Top