0

Pertanyaan: “Assalamua’alaikum ustadz. Puasa dzulhijjah kapan saja waktunya?” (Rina Amir)

Jawab:

Wa’alaikumussalam Warahmatullah.. Disunnahkan bagi kita untuk melakukan puasa dzulhijjah dari tanggal 1 hingga 9 dzulhijjah. Hal tersebut sebagaimana yang dilakukan oleh Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam. Diriwayatkan dari sebagian istri beliau:

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَصُومُ تِسْعَ ذِي الْحِجَّةِ، وَيَوْمَ عَاشُورَاءَ، وَثَلَاثَةَ أَيَّامٍ مِنْ كُلِّ شَهْرٍ

“Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam melakukan puasa 9 hari dzulhijjah, dan asyura, dan 3 hari pada setiap bulan” (HR. Abu Daud dan dishahihkan oleh Al-Albani)

Hal tersebut karena 10 hari dzulhijjah adalah hari-hari yang paling utama dan terbaik. Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

أفضل أيام الدنيا أيام العشر

“Hari-hari dunia terbaik adalah 10 hari dzulhijjah” (HR. Bazzar dan dishahihkan oleh Al-Albani)

Karena 10 hari dzulhijjah adalah hari-hari yang terbaik, maka kita disunnahkan untuk memperbanyak amal ketaatan dan beribadah diantara amal yang disunnahkan adalah berpuasa. Namun untuk tanggal 10 dzulhijjah “hari idul adha”, kita dilarang untuk berpuasa oleh Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam. Umar bin Khattab radhiyallahu anhu berkata:

هَذَانِ يَوْمَانِ نَهَى رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ صِيَامِهِمَا: يَوْمُ فِطْرِكُمْ مِنْ صِيَامِكُمْ، وَاليَوْمُ الآخَرُ تَأْكُلُونَ فِيهِ مِنْ نُسُكِكُمْ

“2 hari yang mana Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam melarang untuk berpuasa di dalamnya. Hari idul ftri setelah kalian berpuasa. Dan hari lain ketika kalian memakan sesembelihan kalian (Idul Adha)” (HR. Bukhari)

Tambahan: Begitupula kita dilarang untuk berpuasa di hari-hari tasyriq. Amr bin Al-Ash radhiyallahu anhu berkata:

كل فَهَذِهِ الْأَيَّامُ الَّتِي كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَأْمُرُنَا بِإِفْطَارِهَا، وَيَنْهَانَا عَنْ صِيَامِهَا

“Makanlah, hari-hari tasyriq ini Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam telah memerintahkan kami untuk makan dan melarang kami dari berpuasa” (HR. Abu Daud dan dishahihkan oleh Al-Albani)

Allahu a’lam semoga yang sedikit ini brmanfaat. Wa shallallahu ‘alaa nabiyyinaa Muhammad.


-----
Ingin pahala jariyah yang terus mengalir? Mari bergabung untuk menyebarkan dakwah sunnah dan dan islam yang murni bersama Kajian Al-Amiry. Kirim donasi anda ke salah satu rekening di bawah ini:

- Bank BCA No Rek 3000573069 a/n: Muhammad Abdurrahman
- Bank BNI No Rek 0360066890 a/n: Muhammad Abdurrahman

Donasi yang  diberikan akan digunakan untuk kelancaran dakwah kita bersama. Dan dukungan anda insya Allah akan semakin memperkuat dakwah sunnah di atas bumi Allah.

Nb: Mohon lakukan konfirmasi ke email: webkajianalamiry@gmail.com atau ke nomor 082282012864 jika bapak/ibu telah mengirimkan donasi.

Poskan Komentar

 
Top