0

Pertanyaan:

“Apa masih bisa shalat sunnah qabliyyah jika sudah iqamah, walaupun shalat sunnahnya di rumah ustadz?”

Dari: Sdri. Nilam (Anggota grup whatsapp T/J “Kajian Al Amiry”)

Jawab:

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam melarang ummatnya untuk memulai shalat sunnah sedangkan iqamah shalat fardhu telah dikumandangkan. Beliau shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

إِذَا أُقِيمَتِ الصَّلَاةُ فَلَا صَلَاةَ إِلَّا الْمَكْتُوبَةُ

“Jika telah dikumandangkan iqamat shalat fardhu, maka tidak ada lagi shalat selain shalat wajib” (HR. Muslim)

Lantas bagaimana jika shalat sunnah qabliyyah di dalam rumah? Apakah juga wajib untuk langsung meninggalkan shalat sunnah dan langsung berangkat ke masjid?

Jawabnya, “Iya”. Hal tersebut telah diperintahkan oleh Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam. Beliau bersabda:

إِذَا سَمِعْتُمُ الإِقَامَةَ، فَامْشُوا إِلَى الصَّلاَةِ وَعَلَيْكُمْ بِالسَّكِينَةِ وَالوَقَارِ، وَلاَ تُسْرِعُوا، فَمَا أَدْرَكْتُمْ فَصَلُّوا، وَمَا فَاتَكُمْ فَأَتِمُّوا


“Jika kamu mendengarkan iqamah, maka berjalanlah menuju masjid untuk shalat. Dan wajib bagi mu untuk berjalan tenang dan santai. Dan jangan kamu tergesa-gesa. Maka apa yang kamu dapatkan, maka shalatlah. Dan apa yang luput, maka sempurnakanlah” (HR. Bukhari)



-----
Ingin pahala jariyah yang terus mengalir? Mari bergabung untuk menyebarkan dakwah sunnah dan dan islam yang murni bersama Kajian Al-Amiry. Kirim donasi anda ke salah satu rekening di bawah ini:

- Bank BCA No Rek 3000573069 a/n: Muhammad Abdurrahman
- Bank BNI No Rek 0360066890 a/n: Muhammad Abdurrahman

Donasi yang  diberikan akan digunakan untuk kelancaran dakwah kita bersama. Dan dukungan anda insya Allah akan semakin memperkuat dakwah sunnah di atas bumi Allah.

Nb: Mohon lakukan konfirmasi ke email: webkajianalamiry@gmail.com atau ke nomor 082282012864 jika bapak/ibu telah mengirimkan donasi.

Poskan Komentar

 
Top