0

Pertanyaan:

“Assalamualaikum. Ust, saya mau bertanya apakah puasa qadha bisa digabung dengan puasa yang lain? Misalkan puasa dzulhijjah dengan puasa bayar hutang ramadhan, seperti itu boleh tidak ust?”

(Tika, anggota grup whatsapp T/J Kajian Al Amiry)

Jawab:

Wa’alaikumussalam Warahmatullah..

Puasa qadha dan puasa sunnah (seperti puasa dzulhijjah) adalah ibadah terpisah yang tidak mungkin untuk digabung karena keduanya adalah ibadah yang harus dikerjakan sendiri-sendiri. Berbeda halnya dengan shalat tahiyyatul masjid dan shalat dzuhur  -misalnya-, maka kita boleh menggabungkan shalat dzuhur dengan tahiyyatul masjid. Karena shalat tahiyyatul masjid bukan amalan maqsud li dzaatih, maksudnya jika ada wujudnya maka sah bagaimanapun bentuknya. Sehingga jika tahiyyatul masjid dalam bentuk shalat dzuhur maka itu boleh, dan tidak perlu dilakukan sendiri-sendiri.

Al-Lajnah Ad-Da’imah Li Al-Buhuts Wa Al-Ifta’ (Komisi Tetap dalam Riset Ilmiyyah dan Fatwa), pernah ditanya:

هل يجوز صيام التطوع بنيتين: نية قضاء، ونية سنة

“Apakah boleh melakukan puasa sunnah dengan 2 niat; Niat puasa qadha dan niat puasa sunnah?”

Maka Al-Lajnah memberikan fatwa:

لا يجوز صيام التطوع بنيتين، نية القضاء ونية السنة

“Tidak boleh puasa sunnah dengan 2 niat, niat puasa qadha dan niat puasa sunnah” (Fatawa Al-Lajnah Ad-Daimah 10/383)

Akan tetapi, bukan berarti “tidak boleh melakukan puasa qadha di awal-awal bulan dzulhijjah”. Boleh puasa qadha di hari-hari tersebut namun dia harus meniatkan untuk puasa qadha saja. Allahu a’lam.  


-----
Ingin pahala jariyah yang terus mengalir? Mari bergabung untuk menyebarkan dakwah sunnah dan dan islam yang murni bersama Kajian Al-Amiry. Kirim donasi anda ke salah satu rekening di bawah ini:

- Bank BCA No Rek 3000573069 a/n: Muhammad Abdurrahman
- Bank BNI No Rek 0360066890 a/n: Muhammad Abdurrahman

Donasi yang  diberikan akan digunakan untuk kelancaran dakwah kita bersama. Dan dukungan anda insya Allah akan semakin memperkuat dakwah sunnah di atas bumi Allah.

Nb: Mohon lakukan konfirmasi ke email: webkajianalamiry@gmail.com atau ke nomor 082282012864 jika bapak/ibu telah mengirimkan donasi.

Poskan Komentar

 
Top