0

Pertanyaan:

“Ustadz.. Ada titipan pertanyaan dari kawan. Bagaimana menghadapi suami yang tempramental selalu mencaci maki istri bila marah. Bila sudah tidak kuat, bolehkan istri meminta cerai?”

Dari: Sdri. Hesti (Anggota grup whatsapp T/J “Kajian Al Amiry”)

Jawaban:

Untuk masalah ini, kita harus tahu terlebih dahulu sebab-sebab bolehnya istri melakukan khulu’ (gugatan perceraian).

Disebutkan sebab-sebab bolehnya istri menggugat cerai dalam “Mausu’ah Al-Fiqh Al-Islami”:

1- يباح الخلع إذا كرهت المرأة زوجها لسوء عشرته، أو سوء خلقه، أو دمامته، أو خافت إثماً بترك حقه، ونحو ذلك، ويستحب للزوج في مثل هذه الحالات إجابة زوجته إلى الخلع. 2- إذا كرهت المرأة زوجها لنقص دينه كترك الصلاة، أو ترك العفة، فإن لم يستجب للنصح ولم يستقم فإنه يجب عليها أن تسعى لفراقه. وإذا فعل بعض المحرمات، ولم يجبرها على فعل محرم، فلا يجب عليها أن تختلع منه، وعليها أن تسعى في نصحه وتقويمه.

 “ 1- Dibolekan bagi istri untuk melakukan khulu’ jika sang istri membenci suaminya karena buruknya cara bergaul dengan istrinya, atau karena keburukan akhlaknya, atau buruk rupanya, atau sang istri takut akan dosa karena meninggalkan hak suaminya, atau yang semisalnya. Maka disunnahkan bagi suami dalam keadaan-keadaan seperti itu untuk menerima permintaan istri akan khulu’. 2- Jika istri membenci suaminya karena kurangnya dia akan agamanya seperti meninggalkan shalat, atau tidak menjaga kehormatannya, jika suami tersebut tidak menerima nasihat dan tidak mau untuk istiqamah, maka wajib bagi istri untuk berpisah darinya.” (Mausu’ah Al-Fiqh Al-Islami 4/229)

Jadi semisal sang suami selalu terus menerus memperlihatkan akhlak buruknya kepada sang istri dan selalu marah dan mencaci maki, sehingga istripun tidak kuat dan bahkan akan membahayakan kejiwaan sang istri jika tetap berada di sisi suaminya, maka boleh bagi sang istri untuk meminta khulu’.

Akan tetapi sebelum istri memutuskan untuk melakukan khulu’, hendaklah istri tidak tergesa-gesa terlebih dahulu. Mintalah pertolongan kepada Allah ta’ala dengan memperbanyak sabar dan shalat ataupun memberikan nasihat-nasihat indah untuk suami.

Allahu ta’ala a’lam bis showab.


-----
Ingin pahala jariyah yang terus mengalir? Mari bergabung untuk menyebarkan dakwah sunnah dan dan islam yang murni bersama Kajian Al-Amiry. Kirim donasi anda ke salah satu rekening di bawah ini:

- Bank BCA No Rek 3000573069 a/n: Muhammad Abdurrahman
- Bank BNI No Rek 0360066890 a/n: Muhammad Abdurrahman

Donasi yang  diberikan akan digunakan untuk kelancaran dakwah kita bersama. Dan dukungan anda insya Allah akan semakin memperkuat dakwah sunnah di atas bumi Allah.

Nb: Mohon lakukan konfirmasi ke email: webkajianalamiry@gmail.com atau ke nomor 082282012864 jika bapak/ibu telah mengirimkan donasi.

Poskan Komentar

 
Top