1

Anak perempuan sangat bermanfaat bagi kita di akhirat kelak. Mulai sekarang, mari didik anak perempuan kita dengan benar, baik dari bagian ibadahnya, akhlaknya, maupun pakainnya. Mari biasakan anak perempuan kita untuk menggunakan hijab yang menutupi auratnya dengan sempurna, hal tersebut agar dia tidak kaget dan tidak merasa berat ketika telah baligh. “Bisa karena terbiasa”.

Jika kita didik anak perempuan kita dengan benar, maka ketahuilah bahwasanya ia akan menjadi penghalang bagi kita dari api neraka dan menjadi sebab agar kita masuk surga bersama nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam.

Bukankah Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam telah bersabda:

مَنْ عَالَ جَارِيَتَيْنِ دَخَلْتُ أَنَا وَهُوَ الجَنَّةَ كَهَاتَيْنِ

“Barangsiapa yang mendidik 2 anak perempuannya dengan benar, maka aku dan dia akan masuk surga bersamaan seperti 2 jari ini (sambil menggabungkan kedua jari beliau)” (HR. Tirmidzi dan dishahihkan Al-Albani)

Dalam riwayat tirmidzi pula, beliau shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

مَنْ ابْتُلِيَ بِشَيْءٍ مِنَ البَنَاتِ فَصَبَرَ عَلَيْهِنَّ كُنَّ لَهُ حِجَابًا مِنَ النَّارِ

“Barangsiapa yang diberikan cobaan akan sulitnya mendidik anak perempuan kemudian dia bersabar, maka anak perempuannya akan menjadi penghalang baginya dari api neraka” (HR. Tirmidzi dan dishahihkan Al-Albani)

Dalam teks hadits, “Jika memiliki 2 anak perempuan”. Lantas bagaimana jika hanya memiliki 1 anak perempuan saja namun didik dengan benar? Maka jawabannya, walau hanya memiliki satu anak saja, dia tetap mendapatkan keutamaan itu.

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

مَنْ كَانَ لَهُ ثَلَاثُ بَنَاتٍ فَصَبَرَ عَلَى لَأْوَائِهِنَّ وَضَرَّائِهِنَّ وَسَرَّائِهِنَّ أَدْخَلَهُ اللَّهُ الْجَنَّةَ بِفَضْلِ رَحْمَتِهِ إِيَّاهُنَّ فَقَالَ رَجُلٌ أَوْ ثِنْتَانِ يَا رَسُولَ اللَّهِ قَالَ أَوْ ثِنْتَانِ فَقَالَ رَجُلٌ أَوْ وَاحِدَةٌ يَا رَسُولَ اللَّهِ قَالَ أَوْ وَاحِدَةٌ

"Barang siapa yang memiliki 3 anak perempuan, kemudian bersabar untuk mendidik mereka baik dalam keadaan susah maupun lapang, maka Allah ta'ala akan memasukkannya kedalam surga dengan kasih sayangnya dia terhadap anak-anaknya. Maka seseorang bertanya: "Kalau hanya punya 2 anak wahai Rasulullah?" Maka beliau menjawab: "Walau hanya memiliki 2 anak saja, maka dia juga berhak". Maka orang lain juga bertanya: "Kalau hanya memiliki 1 anak perempuan wahai Rasulullah?" Maka beliau menjawab: "Walau hanya memiliki 1 anak perempuan saja, maka dia juga berhak" (HR. Ahmad dan sanadnya hasan lighorih)

Masya Allah, maka tunggu apa lagi untuk mempersiapkan penghalang bagi kita dari api neraka?


-----
Ingin pahala jariyah yang terus mengalir? Mari bergabung untuk menyebarkan dakwah sunnah dan dan islam yang murni bersama Kajian Al-Amiry. Kirim donasi anda ke salah satu rekening di bawah ini:

- Bank BCA No Rek 3000573069 a/n: Muhammad Abdurrahman
- Bank BNI No Rek 0360066890 a/n: Muhammad Abdurrahman

Donasi yang  diberikan akan digunakan untuk kelancaran dakwah kita bersama. Dan dukungan anda insya Allah akan semakin memperkuat dakwah sunnah di atas bumi Allah.

Nb: Mohon lakukan konfirmasi ke email: webkajianalamiry@gmail.com atau ke nomor 082282012864 jika bapak/ibu telah mengirimkan donasi.

Poskan Komentar

 
Top