0

Bekam adalah salah satu macam dari thibbun nabawi. Dan bekam sangat bermanfaat untuk tubuh. Tapi apakah benar bahwasanya bekam bermanfaat untuk segala penyakit, terlebih menyandarkannya kepada sebuah hadits?

Maka mari kita periksa kembali hadits tersebut. Abu utsman Al-Buhairi meriwayatkan dalam kitabnya Al-Fawaid:

أَخْبَرَنَا أَبُو مَنْصُورٍ مُحَمَّدُ بْنُ الْقَاسِمِ ، أنبا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ عَدِيٍّ ، أنبا مُحَمَّدُ بْنُ أَحْمَدَ بْنِ حَمْدَانَ ، ثنا صَالِحُ بْنُ بِشْرٍ ، نا أَبُو مُعَاوِيَةَ ، عَنْ أَبِي عَمْرِو بْنِ الْعَلاءِ ، عَنْ أَبِيهِ ، عَنْ جَدِّهِ ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ ، أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ، قَالَ : " الْحِجَامَةُ تَنْفَعُ مِنْ كُلِّ دَاءٍ ، أَلا فَاحْتَجِمُوا

“Telah mengabarkan kepada kami Abu Manshur Muhammad bin Al-Qasim, telah mengabarkan Abdullah bin Adiy, telah mengabarkan Muhammad bin Ahmad bin Hamdan, telah menceritakan kepada kami Shalih bin Bisyr, telah menceritakan kepada kami Abu Mu’awiyah dari Abi Amr bin Al’Ala’ dari ayahnya dari kakeknya dari Abu Hurairah, bahwasanya nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda: “Bekam bermanfaat untuk segala penyakit, maka berbekamlah” (As-Sabi’ Min Fawaid Abi ‘Utsman Al-Buhairi 1/145)

Derajat hadits:
Para ulama menghukumi hadits ini adalah “Hadits Maudhu (palsu)” karena dalam sanadnya terdapat Muhammad bin Ahmad bin Hamdan.

- Abu Arubah Al-Harrani mengatakan: “Aku tidak melihat para pendusta yang tidak memiliki rasa malu daripada dirinya (Muhammad bin Ahmad bin Hamdan)”

- Al-Hakim mengatakan: “Aku melihat para ulama hadits menyatakannya sebagai pendusta”

- Adz-Dzahabi mengatakan: “Dia adalah pendusta”

- Ibnu Adi Al-Jurjani: “Dia memalsukan hadits”

Jadi kesimpulannya hadits ini adalah maudhu’ palsu.

Tambahan:

Dalam sanad hadits tersebut, juga terdapat Abu Manshur Muhammad bin Al-Qasim. Dan dia adalah rawi yang majhul.

Maka hadits ini tidak dapat dijadikan sandaran. Semoga bermanfaat, wa shallallahu alaa nabiyyinaa Muhammad. 


-----
Ingin pahala jariyah yang terus mengalir? Mari bergabung untuk menyebarkan dakwah sunnah dan dan islam yang murni bersama Kajian Al-Amiry. Kirim donasi anda ke salah satu rekening di bawah ini:

- Bank BCA No Rek 3000573069 a/n: Muhammad Abdurrahman
- Bank BNI No Rek 0360066890 a/n: Muhammad Abdurrahman

Donasi yang  diberikan akan digunakan untuk kelancaran dakwah kita bersama. Dan dukungan anda insya Allah akan semakin memperkuat dakwah sunnah di atas bumi Allah.

Nb: Mohon lakukan konfirmasi ke email: webkajianalamiry@gmail.com atau ke nomor 082282012864 jika bapak/ibu telah mengirimkan donasi.

Poskan Komentar

 
Top