1


Disaat ini, sedang marak-maraknya pembahasan tilawah Al-Quran dengan langgam jawa. Apakah boleh ataukah tidak?

Perlu diketahui inilah yang dilarang nabi shallallahu alaihi wa sallam. Bahkan nabi takut jika “membaca Al-Quran dengan langgam lagu” akan terjadi pada ummatnya. Dan itu adalah salah satu tanda akan munculnya hari kiamat. Beliau shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

بَادِرُوا بِالْأَعْمَالِ سِتًّا ذكر منها وَنَشْوٌ يَتَّخِذُونَ الْقُرْآنَ مَزَامِيرَ يُقَدِّمُونَ أَحَدُهُمْ لِيُغَنِّيَهُمْ وَإِنْ كَانَ أَقَلُّهُمْ فِقْهًا

“Bersegeralah untuk  beramal sebelum datangnya 6 kejadian. Salah satunya: Sebuah golongan yang menjadikan Al-Quran seperti musik. Mereka memajukan seseorang agar dia memperdengarkan kepada mereka langgam irama lagunya padahal dia adalah orang yang paling sedikit ilmunya diantara mereka” (HR. Thabrani dishahihkan oleh Al-Albani)

Dalam riwayat lain salah seorang sahabat berkata:

إِنِّي أُبَادِرُ خِلَالًا سَمِعْتُهُنَّ مِنْ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ تَكُنَّ فِي آخِرِ الزَّمَانِ يَتَخَوَّفْهُنَّ عَلَى أُمَّتِهِ ذكر منها: وَنَشْوٌ يَنْشَأُ يَتَّخِذُونَ الْقُرْآنَ مَزَامِيرَ يُقَدِّمُونَ الرَّجُلَ لَيْسَ بِأَفْقَهِهِمْ فِي الدِّينِ، وَلَا بِأَعْلَمِهِمْ، وَفِيهِمْ مَنْ هُوَ أَفْقَهُ مِنْهُمْ وَأَعْلَمُ يُقَدِّمُونَهُمْ لِيُغَنِّيَهُمْ غِنَاءً

“Sesungguhnya aku ingin segera wafat sebelum datangnya kejadian-kejadian yang aku dengar dari Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam yang mana kejadian itu terjadi pada akhir zaman dan beliau takut ketika kejadian itu terjadi pada ummatnya, salah satu kejadian yang disebutkan oleh nabi adalah sebuah golongan yang menjadikan Al-Quran seperti musik. Mereka memajukan seseorang yang bukan orang paling faqih diantara mereka dalam masalah agama dan bukan pula orang yang paling berilmu. Padahal diantara mereka ada orang yang lebih faqih dan lebih berilmu. Mereka memajukan orang tersebut agar dia memperdengarkan langgam irama lagunya” (HR. Thabrani)

Hadits-hadits yang semisal juga diriwayatkan oleh Ahmad, Hakim, Baihaqi, dll.

Syaikh Al-Albani rahimahullah mengomentari hadits tersebut:

فقد ثبت أن من أشراط الساعة نشئا ينشأون يتخذون القرآن مزامير

“Maka telah ada nash yang menyatakan bahwa diantara tanda-tanda hari kiamat adalah munculnya sebuah golongan yang menjadikan Al-Quran seperti musik” (As-Silsilah Ash-Shaihah 5/583)
                                                                                 
Maka hati-hatilah, jangan sampai perbuatan ini sampai kepada derajat melecehkan dan menghinakan ayat Al-Qur’an, karena ada ancaman yang sangat berat dari Allah. Allah ta’ala berfirman:

قُلْ أَبِاللَّهِ وَآيَاتِهِ وَرَسُولِهِ كُنْتُمْ تَسْتَهْزِئُونَ (65) لَا تَعْتَذِرُوا قَدْ كَفَرْتُمْ بَعْدَ إِيمَانِكُمْ

“Katakanlah wahai Muhammad: Apakah dengan Allah dan ayat-ayatNya dan RasulNya kalian menghina? Jangan kalian mencari-cari alasan, sesungguhnya kalian telah kufur setelah keimanan kalian” (QS. At-Taubah 65-66)

Semoga bermanfaat. Allahu ta’ala a’lam.



Artikelalamiry.net (Kajian Al Amiry)

Anda diperkenankan untuk menyebarkan, re-publikasi, copy-paste atau mencetak artikel yang ada di alamiry.net dengan menyertakan alamiry.net sebagai sumber artikel.


Ikuti status kami dengan menekan tombol follow pada akun FB Muhammad Abdurrahman Al Amiry , dan tombol follow pada akun Twitter @ma_alamiry


Poskan Komentar

  1. Terimah kasih telah berbagi ilmu dan pengetahuan,


    oia salam kenal
    dari
    Pedagang Al Quran Readpen PQ15

    BalasHapus

 
Top