0

Diantara para pembaca mungkin sedang bersedih dan gelisah ketika momongan tak kunjung datang, padahal rumah tangga sudah dijalani bertahun-tahun lamanya.

Janganlah bersedih, berdoalah kepada Allah dan mintalah kepadanya momongan dan keturunan yang shalih dan shalihah. Diantara doa itu telah dinashkan oleh Allah dalam Al-Quran Al-Karim.

Doa Pertama:

رَبِّ هَبْ لِي مِنَ الصَّالِحِينَ

“Ya Allah berikanlah kepadaku keturunan yang shalih” (QS. Ash-Shaffat: 100)

Doa ini dipanjatkan oleh nabi kita Ibrahim alaihissalam. Dan setelah doa ini dipanjatkan oleh beliau, maka Allah beri kabar gembira kepada beliau bahwa Allah akan memberikan anak yang bersifat lemah lembut kepada beliau yaitu “Ismail alaihissalam”.

Allah ta'ala berfirman pada ayat setelahnya:

فَبَشَّرْنَاهُ بِغُلَامٍ حَلِيمٍ

“Maka kami berikan kabar gembira kepada Ibrahim berupa anak yang bersifat lemah lembut” (QS. Ash-Shaffat: 101)

Janganlah bersedih, perbanyaklah doa ini sebagaimana nabi Ibrahimpun memanjatkan doa ini.

Doa kedua:

 رَبِّ هَبْ لِي مِنْ لَدُنْكَ ذُرِّيَّةً طَيِّبَةً إِنَّكَ سَمِيعُ الدُّعَاءِ

“Ya Rabbku, berikanlah kepadaku keturunan yang baik. Sesungguhnya Engkau Maha mendengar Doa” (QS. Ali-Imran: 38)

Doa ini dipanjatkan oleh nabi kita Zakariyya alaihissalam. Dan setelah doa ini dipanjatkan oleh beliau, maka Allah beri kabar gembira kepada beliau bahwa beliau akan memberikan anak yang akan menjadi seorang nabi yakni “Yahya alaihissalam”

Allah ta’ala berfirman setelah ayat ini:

فَنَادَتْهُ الْمَلَائِكَةُ وَهُوَ قَائِمٌ يُصَلِّي فِي الْمِحْرَابِ أَنَّ اللَّهَ يُبَشِّرُكَ بِيَحْيَى مُصَدِّقًا بِكَلِمَةٍ مِنَ اللَّهِ وَسَيِّدًا وَحَصُورًا وَنَبِيًّا مِنَ الصَّالِحِينَ

“Kemudian Malaikat (Jibril) memanggil Zakariya, sedangkan ia tengah berdiri melakukan shalat di mihrab (katanya), ‘Sesungguhnya Allah menggembirakan kamu dengan kelahiran (seorang putramu) Yahya, yang membenarkan kalimat (yang datang) dari Allah, menjadi ikutan, menahan diri (dari hawa nafsu), dan seorang nabi yang termasuk keturunan orang-orang shalih.” (QS. Ali Imran: 39)

Dan jangan lupa. Untuk selalu beristighfar kepada Allah ta’ala. Karena salah satu balasan dari memperbanyak istighfar adalah Allah akan memberikan kepada kita keturunan.

Nuh berkata kepada kaumnya sebagaimana yang difirmankan oleh Allah ta’ala:

فَقُلْتُ اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ إِنَّهُ كَانَ غَفَّارًا١٠يُرْسِلِ السَّمَاءَ عَلَيْكُمْ مِدْرَارًا١١وَيُمْدِدْكُمْ بِأَمْوَالٍ وَبَنِينَ وَيَجْعَلْ لَكُمْ جَنَّاتٍ وَيَجْعَلْ لَكُمْ أَنْهَارًا


"Maka aku katakan kepada mereka, 'Mohonlah ampun kepada Tuhanmu', sesunguhnya Dia adalah Maha Pengampun, niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, dan membanyakan harta dan anak-anakmu dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai" (QS. Nuh: 10-12)

PenulisMuhammad Abdurrahman Al Amiry

Artikelalamiry.net (Kajian Al Amiry)

Anda diperkenankan untuk menyebarkan, re-publikasi, copy-paste atau mencetak artikel yang ada di alamiry.net dengan menyertakan alamiry.net sebagai sumber artikel.


Ikuti status kami dengan menekan tombol follow pada akun FB Muhammad Abdurrahman Al Amiry , dan tombol follow pada akun Twitter @ma_alamiry 

Poskan Komentar

 
Top