1

“Bir salahnya di mana sih? Ada enggak orang mati karena minum bir? Orang mati kan karena minum oplosan cap topi miring-lah, atau minum spiritus campur air kelapa” kata Basuki, di Balai Kota, Senin (6/4/2015). Sebagaimana yang dikutip oleh Kompas.

Saya (Abdurrahman Al-Amiry):

Karena pak Ahok adalah penganut agama kristen, maka saya akan tunjukkan ayat-ayat Al-Kitab yang mengharamkan bir alias khomr (mudah-mudahan tulisan ini sampai kepada pak Ahok kemudian membacanya). Kemudian saya juga akan membawakan ayat Al-Quran atau hadits Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam yang mengharamkannya.

Ayat-ayat injil saya ambil dari Al-Kitab LAI (Lembaga Al-Kitab Indonesia) Jakarta cetakan tahun 2013

Pertanyaan: “Bir salahnya di mana sih?”


Jawab:

1- Bir adalah minuman yang memabukkan. Sehingga harus dijauhkan.

Dalil Al-Kitab:

a- “Maka haruslah ia menjauhkan dirinya dari anggur dan minuman yang memabukkan, jangan meminum cuka anggur atau cuka minuman yang memabukkan dan jangan meminum sesuatu minuman yang dibuat dari buah anggur, dan jangan memakan buah anggur, baik yang segar maupun yang kering”. (Bilangan 6:3)

b- “Oleh sebab itu, peliharalah dirimu, jangan minum anggur atau minuman yang memabukkan dan jangan makan sesuatu yang haram”. (Hakim-Hakim 13:4)

c- “Tetapi ia berkata kepadaku: Engkau akan mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki; oleh sebab itu janganlah minum anggur atau minuman yang memabukkan dan janganlah makan sesuatu yang haram, sebab sejak dari kandungan ibunya sampai pada hari matinya, anak itu akan menjadi seorang nazir Allah." (Hakim-Hakim 13:7)

d- “Janganlah ia makan sesuatu yang berasal dari pohon anggur; anggur atau minuman yang memabukkan tidak boleh diminumnya dan sesuatu yang haram tidak boleh dimakannya. Ia harus berpegang pada segala yang Kuperintahkan kepadanya." (Hakim-Hakim 13:14)

Dalam agama islampun, sesuatu yang memabukkan diharamkan. Karena khomr memabukkan. Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

كل شراب أسكر فهو حرام

“Setiap minuman yang memabukkan adalah haram” (HR. Bukhari)

Dan dalam riwayat lain Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam juga bersabda:

كُلُّ مُسْكِرٍ خَمْرٌ، وَكُلُّ مُسْكِرٍ حَرَامٌ

“Setiap apa yang memabukkan maka dia adalah khomr, dan setiap yang memabukkan, maka hukumnya adalah haram” (HR. Muslim)

2- Bir atau minuman keras menghilangkan daya pikir dan akal sehat.

Dalil dari Al-Kitab:

“Anggur dan air anggur menghilangkan daya pikir” (Hosea  4:11)

Maka sangat sering kita mendengarkan berita berkenaan peminum khamr yang melakukan tindakan kriminal. Salah satunya berita: “Pemabuk memperkosa seorang gadis danmembunuhnya”.

Hal tersebut karena dia sudah tidak bisa berpikir lagi, akal sehatnya sudah hilang.

Maka hal tersebut sesuai dengan sabda Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam:

الخمر أم الفواحش وأكبر الكبائر من شربها وقع على أمه وخالته وعمته

“Minuman keras adalah induk dari seluruh keburukan. Barang siapa yang meminumnya maka bisa jadi dia menyetubuhi ibunya sendiri, atau bibinya (dari ibu) atau bibinya (dari ayah)” (HR. Thabrani dan dihasankan oleh syaikh Al-Albani)

3- Nabi Isa menjauhi khomr atau minuman keras.

Dalil dari Al-Kitab:

a- “Lalu mereka memberi anggur bercampur mur kepadanya, tetapi ia menolaknya”. (Markus 15:23)

b- Lalu mereka memberi dia minum anggur bercampur empedu. Setelah ia mengecapnya,ia tidak mau meminumnya”. (Matius 27:34)

Pertanyaan: “Ada enggak orang mati karena minum bir?”

Jawab: Mungkin saya cukup menjawabnya dengan ayat injil yang ada dalam Al-Kitab pegangan bapak, kalau bapak benar-benar beriman kepada Al-Kitab dan penganut setia Al-Kitab.

Dalil dari Al-Kitab:

“Janganlah engkau minum anggur atau minuman keras, engkau serta anak-anakmu, bila kamu masuk ke dalam Kemah Pertemuan, supaya jangan kamu mati. Itulah suatu ketetapan untuk selamanya bagi kamu turun-temurun” (Imamat 10:9)

Begitupula dalam agama islam, membahayakan diri khususnya sampai kepada tingkat kematian hukumnya adalah haram.

لا ضرر ولا ضرار

“Tidak boleh membahayakan diri sendiri dan tidak boleh membahayakan orang lain” HR. Ibnu Majah

Terlebih khamr atau minuman keras membahayakan diri sendir begitu pula orang lain, yang menjadi efek buruknya, seperti tindakan kriminal para pemabuk yang telah banyak kita sakiskan.

Begitupula Allah ta’ala berfirman dalam sebuah ayat:

وَلَا تُلْقُوا بِأَيْدِيكُمْ إِلَى التَّهْلُكَةِ

“Dan janganlah kamu campakkan diri dengan tangan-tanganmu menuju kepada kebinasaan” (QS. Al-Baqarah 195)

Semoga yang sedikit ini bermanfaat untuk semua khususnya pak Ahok. Wa shallallahu alaa nabiyyinaa Muhammad. 



Artikel
alamiry.net (Kajian Al Amiry)


Anda diperkenankan untuk menyebarkan, re-publikasi, copy-paste atau mencetak artikel yang ada di alamiry.net dengan menyertakan alamiry.net sebagai sumber artikel.


Ikuti status kami dengan menekan tombol follow pada akun FB Muhammad Abdurrahman Al Amiry , dan tombol follow pada akun Twitter @ma_alamiry

Poskan Komentar

  1. Sekedar penasaran Ustadz ; Mengapa berita di Alkitab tentang khamar ini, tidak dilawankan langsung dengan Ayat2 AlQuran yg jauh lebih "menghujam" dibandingkan dgn Hadis2 yg disebutkan diatas ?

    BalasHapus

 
Top