0

Dengan mencari-cari celah, syi’ah berkali-kali ingin menjatuhkan kredibilitas Imam Ibnu Taimiyyah rahimahullah. Mereka ingin sekali kehormatan ibnu taimiyyah hancur dengan tuduhan-tuduhan palsu yang mereka buat. Diantaranya adalah tuduhan syi’ah: “Bahwa Ibnu Taimiyyah menuduh Ali bin Abi Thalib minum khomr dan mabuk ketika shalat”.

Mari kita bahas satu persatu permasalahan ini.

Ibnu Taimiyyah rahimahullah berkata:

وَقَدْ أَنْزَلَ اللَّهُ تَعَالَى فِي عَلِيٍّ: {يَاأَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا تَقْرَبُوا الصَّلَاةَ وَأَنْتُمْ سُكَارَى حَتَّى تَعْلَمُوا مَا تَقُولُونَ} [سُورَةُ النِّسَاءِ: 43] لَمَّا صَلَّى فَقَرَأَ وَخَلَطَ

“Dan Allah ta’ala telah menurunkan sebuah ayat mengenai Ali bin Abi Thalib: (Wahai orang-orang yang beriman janganlah kalian mendekati shalat sedangkan kalian dalam keadaan mabuk sampai kalian mengetahui apa yang kalian katakan) QS. An-Nisa: 43. Ketika Ali shalat dan membaca surat dia mencampurkan adukkan ayat (karena mabuk)” Minhaj As-Sunnah 7/237

Bantahan terhadap syi’ah:


1- Apakah perkataan Ibnu Taimiyyah diatas hanyalah tuduhan belaka atau suatu hal yang fakta?

Begitulah syi’ah berkali-kali ingin menjatuhkan Ibnu Taimiyyah dengan mencari-cari kesalahan beliau. Padahal beliau menceritakan suatu hal yang fakta dan bukan tuduhan belaka.

Dalam riwayat Abu Dawud dari Ali bin Thalib:

أَنَّ رَجُلًا، مِنَ الْأَنْصَارِ دَعَاهُ وَعَبْدَ الرَّحْمَنِ بْنَ عَوْفٍ فَسَقَاهُمَا قَبْلَ أَنْ تُحَرَّمَ الْخَمْرُ، فَأَمَّهُمْ عَلِيٌّ فِي الْمَغْرِبِ فَقَرَأَ قُلْ يَا أَيُّهَا الْكَافِرُونَ فَخَلَطَ فِيهَا، فَنَزَلَتْ {لَا تَقْرَبُوا الصَّلَاةَ وَأَنْتُمْ سُكَارَى حَتَّى تَعْلَمُوا مَا تَقُولُونَ}النساء: 43 "

“Bahwasanya seseorang dari Anshar memanggil Ali bin Thalib dan Abdurrahman bin Auf. Kemudian dia memberikan minum khomr untuk keduanya sebelum khomr itu diharamkan. Maka Ali menjadi imam shalat maghrib dan membaca surat “Qul Yaa Ayyuhal Kaafiruun” dan beliau mencampur adukkan ayat, maka turunlah ayat (Janganlah kalian mendekati shalat sedangkan kalian dalam keadaan mabuk sampai kalian mengetahui apa yang kalian katakan) QS. An-Nisa: 43” (HR.Abu Daud dan dishahihkan oleh Al-Albani)

Dari riwayat diatas sudah sangat jelas bahwasanya Ibnu Taimiyyah tidaklah menuduh melainkan beliau menceritakan suatu hal fakta yang benar-benar terjadi. Dan bahkan ahli tafsirpun membenarkan cerita tersebut seperti Ibnu katsir misalnya. Beliau membawakan cerita Ali bin Abi Thalib yang minum khomr sebelum khamr diharamkan dengan beberapa riwayat.

2- Apakah Ibnu Taimiyyah mencela Ali?

Ingat, Ali minum khamr ketika khamr itu masih dihalalkan. Sehingga, perkataan orang syi’ah bahwa “Ibnu taimiyyah mencela Ali karena Ali minum khamr” hanyalah sebuah kesimpulan bodoh dari orang-orang yang bodoh. Sama sekali tidak ada bukti bahwasanya Ibnu Taimiyyah mencela Ali. Terlebih, Ali bin Abi Thalib meminum khomr sebelum khomr itu diharamkan.

Kalau khamr ketika itu dihalalkan dan tidak diharamkan, maka tidak ada celaan atas Ali dan tidak ada dosa baginya. Jadi buat apa dicela?? Sebagaimana yang kita tahu, dalam pengharaman khamr ada marahil dan tingkatan-tingkatannya, Allah ketika itu membolehkan khamr kemudian Allah mengharamkannya secara bertahap.  Dan Ali bin Abi Thalib meminumnya ketika khamr  dihalalkan.

3- Bukankah dengan menceritakan kisah tersebut, berarti Ibnu Taimiyyah mencela Ali?

Lagi-lagi, ini hanyalah kesimpulan bodoh dari orang yang bodoh. Perlu diketahui, bahwa sebagian ayat-ayat Al-Quran turun dengan suatu sebab, hal tersebut dikenal dengan “Sabab nuzul al-ayat”. Dan mengetahui sebab turunnya Al-Quran adalah suatu hal yang penting dan kaum muslimin sepatutnya mengetahui sebab turunnya ayat Al-Qir’an.

Sebagai contoh Ibnu Mas’ud radhiyallahu anhu, beliau benar-benar gigih untuk mengetahui sebab turunnya Al-Qur’an. Ibnu Mas’ud berkata:

والذي لا إله غيره ما من كتاب الله سورة إلا أنا أعلم حيث نزلت، وما من آية إلا أنا أعلم فيما أنزلت، ولو أعلم أحدا هو أعلم بكتاب الله مني، تبلغه الإبل، لركبت إليه

“Dan demi Allah yang tidak ada sesembahan yang berhak disembah selain Dia, Tidaklah ada dalam Kitab Allah satu suratpun kecuali aku tau mengenai apa ayat itu turun. Dan tidaklah ada suatu ayat, kecuali aku tahu mengetahui mengenai siapa ayat itu diturunkan. Dan seandainya aku mengetahui ada orang yang lebih tahu dariku tentang kitabullah, yang mana jarak orang itu harus di tempuh dengan onta, pasti aku akan menemuinya” (HR.Muslim)

Jadi menurut para sahabat khususnya Ibnu Mas’ud, mengetahui sebab turunnya ayat dan mengetahui mengenai siapa ayat itu turun adalah suatu hal yang sangat penting. Dalam hal ini, ibnu Taimiyyah mempraktekkan hal tersebut. Ibnu Taimiyyah menjelaskan ayat tersebut turun mengenai khamr dan ayat tersebut turun mengenai Ali.

Jadi hal tersebut tidak ada indikasi untuk mencela Ali bin Abi Thalib, kecuali hanya orang-orang yang mengikuti hawa nafsu untuk menjatuhkan Ibnu Taimiyyah rahimahullah.

4- Mari kita sedikit mengulangi ayat yang kita bahas.

Allah ta’ala berfirman:  “Wahai orang-orang yang beriman janganlah kalian mendekati shalat sedangkan kalian dalam keadaan mabuk sampai kalian mengetahui apa yang kalian katakan” (QS. An-Nisa: 43)

Dalam ayat diatas Allah mengatakan “Wahai orang-orang yang beriman”. Apakah dengan itu Allah juga menghina orang-orang mukmin?? Hanya orang-orang bodoh yang menyimpulkan hal bodoh seperti itu.

Hal tersebut, karena Allah ingin menjelaskan hukum baru “tidak boleh minum khamr ketika hendak shalat”. Dan bukan Allah mencela orang-orang mukmin.

5- Maka, siapa yang menuduh siapa?

Wal hasil, Syi’ahlah yang menuduh Ibnu Taimiyyah dan bukan Ibnu Taimiyyah menuduh Ali. Maka perhatikanlah sikap kalian wahai syi’ah..

Wa shallallahu alaa nabiyyinaa Muhammad

Semoga tulisan ini bermanfaat untuk kaum muslimin dan begitu pula untuk orang-orang syi’ah.


Artikel
alamiry.net (Kajian Al Amiry)


Anda diperkenankan untuk menyebarkan, re-publikasi, copy-paste atau mencetak artikel yang ada di alamiry.net dengan menyertakan alamiry.net sebagai sumber artikel.


Ikuti status kami dengan menekan tombol follow pada akun FB Muhammad Abdurrahman Al Amiry , dan tombol follow pada akun Twitter @abdr_alamiry

Poskan Komentar

 
Top