0


Pertanyaan: “Apakah Harus Mengetahui Arti Dari Dzikir Pagi Dan Sore Agar Dzikirnya Berguna?”

Jawaban: Tidak diragukan lagi dzikir pagi dan sore adalah dzikir yang sangat bermanfaat bagi kaum muslimin. Diantaranya adalah menjaga kaum muslimin dari gangguan-gangguan makhluk jahat baik dari jin maupun manusia.

Akan tetapi apakah mengetahui arti dzikir tersebut adalah syarat untuk berkhsaitanya dzikir tersebut?


Maka mengetahui arti dari dzikir pagi dan sore atau doa lainnya bukanlah syarat untuk berkhasiatnya dzikir atau doa tersebut. Terlebih, banyak kaum muslimin yang a’jam (bukan orang arab) yang tidak bisa berbahasa arab dan tidak memahaminya. Akan tetapi, tidak diragukan lagi bahwa mengetahui makna dzikir atau doa tertentu adalah yang lebih utama. Hal tersebut agar hati kita semakin khusyu’ dan benar-benar berharap kepada Allah.

Ibnu Hajar Al-‘Asqalani rahimahullah berkata:

وَلَا يُشْتَرَطُ اسْتِحْضَارُهُ لِمَعْنَاهُ وَلَكِنْ يُشْتَرَطُ أَنْ لَا يَقْصِدَ بِهِ غَيْرَ مَعْنَاهُ وَإِنِ انْضَافَ إِلَى النُّطْقِ الذِّكْرُ بِالْقَلْبِ فَهُوَ أَكْمَلُ فَإِنِ انْضَافَ إِلَى ذَلِكَ اسْتِحْضَارُ مَعْنَى الذِّكْرِ وَمَا اشْتَمَلَ عَلَيْهِ مِنْ تَعْظِيمِ اللَّهِ تَعَالَى وَنَفْيِ النَّقَائِصِ عَنْهُ ازْدَادَ كَمَالًا

“Dan tidak disyaratkan untuk mengetahui makna dzikir ketika berdzikir, akan tetapi disyaratkan agar dia tidak bermaksud selain makna dzikir tersebut.. Dan seandainya ketika mengucapkan dzikir dibarengi dengan dzikir hati maka hal ini lebih utama. Dan jika dibarengi lagi dengan mengetahui makna dzikir dan apa yang terkandung di dalamnya dari mengagungkan Allah dan meniadakan kekurangan dari Allah maka dia lebih-lebih utama” (Fathu Al-Baari 11/209)

Maka seandainya dia tidak mengetahui makna dzikir pagi dan sore, tetaplah dzikir pagi dan sore sangat bermanfaat untuknya.


Artikel
alamiry.net (Kajian Al Amiry)


Anda diperkenankan untuk menyebarkan, re-publikasi, copy-paste atau mencetak artikel yang ada di alamiry.net dengan menyertakan alamiry.net sebagai sumber artikel.


Ikuti status kami dengan menekan tombol follow pada akun FB Muhammad Abdurrahman Al Amiry , dan tombol follow pada akun Twitter @abdr_alamiry

Poskan Komentar

 
Top