0

Racun yang ditaruh oleh wanita yahudi pada khaibar yang berpengaruh pada tubuh nabi, mungkin perlu untuk kita merincinya:

1- Perlu diketahui bahwasanya dalam riwayat Bukhari, Rasulullah menyatakan bahwasanya racun yang beliau makan memiliki bekas dan pengaruh ketika beliau wafat. Aisyah radhiyallahu anha berkata:

كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ فِي مَرَضِهِ الَّذِي مَاتَ فِيهِ: يَا عَائِشَةُ مَا أَزَالُ أَجِدُ أَلَمَ الطَّعَامِ الَّذِي أَكَلْتُ بِخَيْبَرَ، فَهَذَا أَوَانُ وَجَدْتُ انْقِطَاعَ أَبْهَرِي مِنْ ذَلِكَ السُّمِّ

“Nabi shallallahu alaihi wa sallam berkata ketika sakit yang mana ketika itu beliau wafat: Wahai
Aisyah, aku masih merasakan rasa sakit yang diakibatkan makanan yang aku makan pada hari khaibar. Maka inilah waktunya urat nadiku terputus karena racun tersebut” HR Bukhari

2- Disebutkan dalam riwayat Muslim bahwasanya Rasulullah telah memakan sebagian daging yang telah diracuni tersebut lalu memuntahkannya, dari Anas bin Malik:

أَنَّ امْرَأَةً يَهُودِيَّةً أَتَتْ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِشَاةٍ مَسْمُومَةٍ، فَأَكَلَ مِنْهَا، فَجِيءَ بِهَا إِلَى رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَسَأَلَهَا عَنْ ذَلِكَ؟ فَقَالَتْ: أَرَدْتُ لِأَقْتُلَكَ، قَالَ: «مَا كَانَ اللهُ لِيُسَلِّطَكِ عَلَى ذَاكِ»  قَالُوا: أَلَا نَقْتُلُهَا؟ قَالَ: لَا ، قَالَ: فَمَا زِلْتُ أَعْرِفُهَا فِي لَهَوَاتِ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

“Bahwasanya seorang wanita dari bangsa yahudi mendatangi Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam dengan daging kambing yang telah diracuni. Maka Rasulullah memakan sebagiannya. Dan Rasulullah memanggilnya dan wanita tersebut didatangkan kepada Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam, maka Rasulullah bertanya tentang perbuatannya. Maka dia menjawab: Aku ingin membunuhmu. Maka Rasul menjawab: Allah tidak akan memberikan kekuatan untuk melakukan hal tersebut. Para sahabat berkata: Tidakkah kita membunuhnya saja? Rasulullah menjawab: Jangan. Anas bin Malik radhiyallahu anhu berkata: Aku masih mengetahui racun tersebut berada di lidah Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam” HR Muslim

3- Dalam riwayat Hakim Rasulullah menyatakan dengan jelas bahwasanya yang membuat Rasulullah sakit dan hal tersebut sebab dari wafatnya Rasulullah adalah racun yang ada dalam daging kambing tersebut. Ummu Mubasyyir berkata:

دَخَلْتُ عَلَى رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي وَجَعِهِ الَّذِي قُبِضَ فِيهِ فَقُلْتُ: بِأَبِي أَنْتَ يَا رَسُولَ اللَّهِ، مَا تَتَّهِمُ بِنَفْسِكَ؟ فَإِنِّي لَا أَتَّهِمُ بِابْنِي إِلَّا الطَّعَامَ الَّذِي أَكَلَهُ مَعَكَ بِخَيْبَرَ وَكَانَ ابْنُهَا بِشْرُ بْنُ الْبَرَاءِ بْنِ مَعْرُورٍ مَاتَ قَبْلَ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: وَأَنَا لَا أَتَّهِمُ غَيْرَهَا، هَذَا أَوَانُ انْقِطَاعِ أَبْهَرِي هَذَا

“Aku masuk mengunjungi Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam ketika beliau sakit yang mana beliau wafat ketika itu. Aku berkata: Wahai Rasulullah, apa yang kamu sangka dari sebab sakitnya dirimu? Sesungguhnya aku tidak mengira bahwasanya anakku wafat kecuali karena racun pada makanan yang dia makan bersamamu di khaibar. (Dan anakanya adalah Bisyr bin Al Barra’ bin Ma’rur wafat sebelum nabi). Maka Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda: Begitupula denganku, aku tidak mengira yang menjadikan ku seperti kecuali racun tersebut. Dan saat inilah waktunya urat nadiku terputus” HR Hakim, Shahih atas syarat Bukhari Muslim

4- Ketika kita telah memaparkan dalil-dalil bahwasanya rasul wafat karena racun dan racu nadalah sebab wafatnya beliau, ada baiknya kita memaparkan fatwa ulama mengenai hal ini. Lajnah Daimah yang dipimpin oleh syaikh Abdul Aziz bin Baaz dan diwakilkan oleh syaikh Abdul Aziz Alu Asy Syaikh dan beranggotakan syaikh Abdullah Ghudzyan, syaikh Shalih Fauzan, Syaikh Bakr Zaid –Allahu yarhamuhum- ditanya:

هناك شك عند البعض أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قد يكون مات مسموما، أو من أثر السم الذي قدمته له اليهودية، فهل هذا صحيح؟ أرجوكم إفادتي بموضوع عن موته صلى الله عليه وسلم.

“Terdapat keraguan dari sebagian orang, bahwasanya Rasulullah wafat karena teracuni atau beliau wafat disebabkan pengaruh racun yang dihidangkan oleh wanita yahudi untuk beliau, apakah ini benar? Aku mengharapkan agar kalian memberikan faidah kepadaku mengenai wafatnya shallallahu alaihi wa sallam.

Para ulama dari Lajnah Da’imah menjawab:

ثبت عند أهل العلم بأيام النبي صلى الله عليه وسلم وأحواله وسيره، أنه أكل من شاة مسمومة لامرأة من يهود خيبر، ثم نطقت الذراع وأخبرت النبي صلى الله عليه وسلم بأنها مسمومة، فامتنع من الاستمرار في أكلها، ولما كان في المرض الذي مات فيه كان يقول عليه الصلاة والسلام: «يا عائشة: ما أزال أجد ألم الطعام الذي أكلت بخيبر فهذا أوان وجدت انقطاع أبهري من ذلك السم» رواه البخاري في (صحيحه) ، فلا وجه للتشكيك في تأثير ذلك السم في جسده صلى الله عليه وسلم بعد ثبوته في الصحيح وغيره.
وبالله التوفيق، وصلى الله على نبينا محمد وآله وصحبه وسلم

“Telah pasti dari kalangan ahli ilmu mengenai keadaan beliau dan sirah beliau, bahwasanya beliau makan daging yang beracun milik wanita yahudi dari khaibar. Kemudian lengan kambing mengatakan dan mengabarkan nabi shallallahu alaihi wa sallam bahwasanya kambing tersebut telah diracuni, kemudian Rasulullah tidak melanjutkan makannya. Dan ketika beliau sakit yang mana beliau wafat ketika itu, beliau berkata: “Wahai Aisyah Aku masih merasakan sakit dari makanan yang aku makan di khaibar. Dan inilah waktu aku merasakan urat nadiku putus karena racun tersebut” HR Bukhari dalam shahihnya. Maka tidak ada segi keraguan bahwasanya racun tersebut memiliki pengaruh pada tubuh Rasul shallallahu alaihi wa sallam setelah hadits ini tetap dalam shahih bukhari dan selainnya. Wa billah Attaufiiq. Wa shallallahu alaa nabiyyinaa Muhammad.

Semoga bermanfaat.


-----
Ingin pahala jariyah yang terus mengalir? Mari bergabung untuk menyebarkan dakwah sunnah dan dan islam yang murni bersama Kajian Al-Amiry. Kirim donasi anda ke salah satu rekening di bawah ini:

- Bank BCA No Rek 3000573069 a/n: Muhammad Abdurrahman
- Bank BNI No Rek 0360066890 a/n: Muhammad Abdurrahman

Donasi yang  diberikan akan digunakan untuk kelancaran dakwah kita bersama. Dan dukungan anda insya Allah akan semakin memperkuat dakwah sunnah di atas bumi Allah.

Nb: Mohon lakukan konfirmasi ke email: webkajianalamiry@gmail.com atau ke nomor 082282012864 jika bapak/ibu telah mengirimkan donasi.

Poskan Komentar

 
Top