0



Berbagi Tips Mudah Menghapal Al Quran Bagi Pemula

Bergembiralah !! Karena Allah telah menjamin di dalam Al Quran bahwasanya” Al Quran mudah untuk dihapal dan diingat !!”

Allah berfirman:

وَلَقَدْ يَسَّرْنَا الْقُرْآنَ لِلذِّكْرِ فَهَلْ مِنْ مُدَّكِرٍ

“Dan kami telah mudahkan Al Quran untuk dihapal, maka apakah ada yang berpikir?”[1]

Dan begitulah sebagaimana yang dikatakan oleh Ibnu katsir dalam menafsirkan ayat ini:

فهل من متذكر بهذا القرآن الذي قد يَسَّر الله حفظه ومعناه؟
“Maka tidak kah ada yang mengingat Al Quran? Yang mana Allah telah mudahkan untuk dihapal dan telah dimudahkan pula maknanya ?[2]

Langsung saja, disini saya akan memberikan tips-tips menghapal  Al Quran dengan mudah.

1.       Ikhlaskan niat anda. Karena niat adalah tolak ukur diterimanya amalan begitu pula halnya dengan mengikuti sunnah Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam.

2.       Mencari waktu-waktu yang mendukung untuk menghapal. Ada 3 waktu yang sangat mendukung anda dalam menghapal Al Quran:

Pertama:
1 jam sebelum waktu shubuh.
Kedua: S
etelah shalat fajar (shubuh)
Ketiga: D
an setelah shalat ashar.

Kuasai ketiga waktu tersebut untuk mempermudah anda dalam menghapal.

3.       Tidak usah terlalu banyak target hapalan perhari. Saya meminta bagi anda yang masih pemula untuk menghapalkan 3 ayat saja tiap harinya. Seperti:

عَمَّ يَتَسَاءَلُونَ (1) عَنِ النَّبَإِ الْعَظِيمِ (2) الَّذِي هُمْ فِيهِ مُخْتَلِفُونَ (3)
3 ayat dalam surat An Naba. Cukup 3 ayat perharinya. Jangan lebih !!

4.       Sebelum menghapal anda harus membaca ketiga ayat tersebut minimal 20 kali. Kalau lebih semakin bagus. Jangan coba-coba untuk menghapal sebelum membaca minimal 20 kali !! Kenapa saya mengatakan begini ??

Kalau ada yang bertanya: “
Bukan kah kita bisa menghapal langsung sebelum membaca 20 kali,  untuk mempirsingkat waktu ??

Maka jawabannya: Saya melarang anda untuk menghapal ketiga ayat tersebut sebelum membacanya minimal 20 kali, karena saya yakin, kalau anda langsung menghapalkannya terkadang anda menghapalkannya dengan cepat. Akan tetapi anda pun akan melupakannya dengan cepat pula. Percayalah !!

Akan tetapi jika anda membacanya terlebih dahulu sebanyak 20 kali, terutama jari telunjuk ikut mengikuti bacaan yang dibaca, insya Allah mata akan menangkap apa yang dilihat olehnya dan akan tertangkap langsung kedalam otak anda. Dan insya Allah tidak akan lupa dengan idzin Allah. Karena lisan pun ikut menangkap akan kebiasaannya mengucap ayat tersebut. Sehingga anda tidak akan lupa dengan ayat tersebut.

5.       Mengulang ayat yang telah dihapal didalam shalat sebanyak 5 kali, dan diluar shalat sebanyak 10 kali. Jadi, anda dapat mengulang hapalan yang telah dihapal dalam shalat-shalat sunnah rawatib maupun shalat yang bukan rawatib sebanyak 5 kali. Dan diluar shalat sebanyak 10 kali.

6.       Dan jika mau masuk ke hapal ayat yang baru, maka anda harus melengkapinya dengan ayat yang telah dihapal. Sebagai contoh, anda akan menghapal ayat ke 4, 5, 6  setelah anda telah menghapal ayat ke 1, 2, 3 dari surat an naba. Maka jangan lupa untuk menyempurnakannya dengan ayat sebelumnya 1, 2, 3. Yaitu:

عَمَّ يَتَسَاءَلُونَ (1) عَنِ النَّبَإِ الْعَظِيمِ (2) الَّذِي هُمْ فِيهِ مُخْتَلِفُونَ (3) كَلَّا سَيَعْلَمُونَ (4) ثُمَّ كَلَّا سَيَعْلَمُونَ (5) أَلَمْ نَجْعَلِ الْأَرْضَ مِهَادًا (6)
Dan jika antum telah menghapal 6 ayat ini dan ingin melanjutkan untuk menhapal 3 ayat setelahnya. Maka anda harus menyempurnakannya dari ayat yang pertama. Yaitu:

عَمَّ يَتَسَاءَلُونَ (1) عَنِ النَّبَإِ الْعَظِيمِ (2) الَّذِي هُمْ فِيهِ مُخْتَلِفُونَ (3) كَلَّا سَيَعْلَمُونَ (4) ثُمَّ كَلَّا سَيَعْلَمُونَ (5) أَلَمْ نَجْعَلِ الْأَرْضَ مِهَادًا (6) وَالْجِبَالَ أَوْتَادًا (7) وَخَلَقْنَاكُمْ أَزْوَاجًا (8) وَجَعَلْنَا نَوْمَكُمْ سُبَاتًا (9)
begitu seterusnya hingga anda menyempurnakan 1 surat penuh.

7.       Jika Allah memuliakanmu dengan telah menyempurnakan 1 juz penuh maka jangan nambah hapalan terlebih dahulu kecuali anda telah mengulang-ngulangnya selama 1 minggu penuh. Dan setiap hari anda menyetorkan 3 kali setoran 1 juz penuh.

8.       Jika anda telah berhasil, maka jangan sekali-kali untuk menyombongkan diri dan merasa ta’ajjub dengan hapalannya. Karena tidak lain dan tidak bukan, Allah lah yang membantu anda dalam menghapalkan KitabNya yang suci.
Insya Allah yang sedikit ini dapat bermanfaat bagi para pembaca dan seluruh kaum muslimin.

PenulisMuhammad Abdurrahman Al Amiry

Artikel
alamiry.net (Kajian Al Amiry)


Anda diperkenankan untuk menyebarkan, re-publikasi, copy-paste atau mencetak artikel yang ada di alamiry.net dengan menyertakan alamiry.net sebagai sumber artikel.


Ikuti status kami dengan menekan tombol like pada halaman FB Muhammad Abdurrahman Al Amiry , dan tombol follow pada akun Twitter @abdr_alamiry


[1] QS Al Qamar ayat: 22
[2] Tafsir Ibnu Katsir 7/478

Poskan Komentar

 
Top