0



Walhamdulillah.. Pada pagi hari yang bertepatan dengan tanggal 20-04-13, dauroh berjalan dengan lancar yang diisi oleh ust Mahfudz Umri Lc –hafidzahullah-. Muhadharah ini dihadiri oleh banyak ikhwan dan akhwat yang berdatangan dari beberapa kota, ada yang dari PT.TEL, ada yang dari prabumulih, pagaralam,
dan ada pula  yang berasal dari kota palembang ibu kotanya  Sumatera Selatan.

Antusias dari para ikhwah untuk mendengar kajian sangatlah tinggi. Dan ternyata kajianpun juga dihadiri oleh para asatidzah kibar. Sehingga kesempatan buat para ikhwah untuk menuntut ilmu dari mereka benar-benar  terbuka lebar.  Diantara mereka ialah ust Nashiruddin Lc, ust Said Yai MA, ust Firdaus, dan Ust Abu Hamzah –hafidzahumullah jami’an-.

Dan muhadarah yang disampaikan oleh ustadz  Mahfudz bertemakan seputar tuntutan-tuntutan  dalam beramal. Kajian diselesaikan tatkala adzan dhuhur akan dikumandangkan. Dan akhirnya pun kami shalat dzuhur berjama’ah yang di pimpin oleh ust Nasiruddin Lc.  Tatkala sang imam dan para makmum telah selesai dari salam, ternyata para ikhwah yang menjama’ dan mengqashar shalatjuga banyak yang mana ini menunjukkan bahwasanya para hadirin yang dari luar kota sungguh banyak sekali.

Kami menyediakan untuk para ikhwah yang hadir agar makan jama’i (bareng-bareng) di masjid. Walhamdulillah sangat nikmat sekali  jika kaum musilimin bersatu dan berkumpul dalam ketaatan kepada Allah azza wa jalla. Dan sayapun makan bersama para asatidzah tepat disebalah kiri  ust nashiruddin Lc. Dan makan jama’i termasuk sunnahnya rasulullah –shallallahu alahi wa sallam- Disebutkan dalam suatu hadits bahwasanya Rasulullah bersabda untuk Amr bin Abi salamah –dan waktu itu Amr masih kecil- yang ikut makan bersama-sama para sahabat lainnya  sedangkan tangannya kemana-mana:
ياغلام سم الله و كل بيمينك و كل مما يليك
“wahai ghulam (anak kecil) ucapkanlah bismillah, dan makanlah dengan tangan kananmu, dan makanlah apa yang ada dihadapanmu”[1]
Subhanallah makanan yang banyak dan lezatpun telah masuk kedalam perut saya dengan lahapnya. Diantara lauknya Ada ayam bakar, udang bakar, ikan nila dll. Alhamdulillah.

Setelah acara makan-makan selesai, kajianpun dilanjutkan kembali. Namun, jumlah para ikhwan tampaknya agak berkurang sedikit karena mungkin diantara mereka ada yang pulang ke kampungnya masing-masing, dikarenakan mereka berdatangan dari kota-kota  yang begitu jauh. Kajian berlanjut hingga pukul 14.00 WIB. Kemudian dilanjutkan dengan pertanyaan yang datang dari para hadirin. Walhamdulillah sesi tanya jawab selesai tepat  pada pukul 15.15, dan dilanjutkan dengan kumandang azan ashar berikut shalat berjama’ah.

Setelah kajian selesai, kamipun akhirnya membereskan peralatan masjid dan alat-alat makan yang telah kami gunakan.

Dan setelah maghrib ternyata ada kajian lagi, yang diisi oleh ust Said Yai MA, yang berjudul “si kaya dan si pelit”. Subhanallah kajian yang tak kalah memukaunya. Begitu menyentuh kalbu para hadirin. Dan kajian berlangsung dari ba’da maghrib hingga menjelang waktu shalat isya.

Setelah shalat isya ternyata ada sesuatu yang special pula yaitu dilanjutkan dengan makan-makan kembali, namun kali ini bukan dimasjid seperti semula. Akan tetapi di rumah salah satu ikhwah kami –jazahullah khoiron-. Disana ada pempek sebagai makanan khas palembang dan lauk-lauk lain yang mengikutinya.
Dan untuk besok kajian masih dilanjutkan  yang akan disampaikan oleh ust Mahfudz Umri kembali, dimulai pukul 09.00-12.00 yang bertemakan “Muslimah Membuat Bidadari Surga Cemburu”

Dan pada malam ini banyak dari para ikhwah yang bermalam di masjid kami, masjid –baiturrahman-.
Walhamdulillah singkat cerita dari saya. Insya Allah singkat tulisan ini dapat menjadikan kita semangat untuk menuntut ilmu dengan mengaharpkan ganjaran dari Allah azza wa jalla.

Simaklah cerita kami pada sesi selanjutnya di esok hari. Insya Allah


PenulisMuhammad Abdurrahman Al Amiry

Artikel
alamiry.net (Kajian Al Amiry)


Anda diperkenankan untuk menyebarkan, re-publikasi, copy-paste atau mencetak artikel yang ada di alamiry.net dengan menyertakan alamiry.net sebagai sumber artikel.


Ikuti status kami dengan menekan tombol like pada halaman FB Muhammad Abdurrahman Al Amiry , dan tombol follow pada akun Twitter @abdr_alamiry



[1] HR Bukhari Muslim

Poskan Komentar

 
Top