0


Tatkala saya membuka inbox yang masuk dalam facebook, saya sempat tekejut dengan sebuah isi surat tersebut. Surat tersebut berasal dari seseorang yang mengeluh dan sedih karena manhajnya dihina dan dicaci maki. Mari kita lihat bersama isi surat tersebut.



"dik... jengkel banget seh kalo tiba2 ada temen yang ngejek2 salafi... menghina2.. bahkan dia mengatakan aku bodoh atau apalah.. ini ngetik sambil nangis.. neh mbak tunjukin video dari dia yang dikirim ke inbox mbak... entahlah.. tuh video bagaimana ke validan datanya.. dilihat ya dik videonya. padahal ana males dah berdebat ama dia.. dianya aja yang selalu cari2 masalah"
Kemudian beliau memberikan link video tersebut kepada saya.

Maka lantaslah saya menjawab dan membalas pesan tersebut, yang insya Allah balasan pesan ini bermanfaat bagi kami, para pembaca serta kaum muslimin seluruhnya.



Balasan pesan dari saya : "Kesedihan pasti akan ada. Bagaimana tidak, jika salafiyyah dibenci dan dihina, sudah menjadi barang tentu rasul pun akan ikut terhinakan. Karena Rasulullah lah yang mengajarkan agama yg haq. terutama jika kecintaaannya kepada rasul dan para ulama telah mendarah daging dan melekat dihati, pastilah ia akan sedih dan bahkan mungkin menangis. Ituah salah satu bukti kecintaannya kepada baginda yg mulia Rasulullah. Dan yg perlu diingat, selama orang berada diatas jalan yang benar pasti akan ada musuhnya yang begitu hasad kepadanya. betapa tidak, karena Allah telah mengabarkan hal ini.   Allah berfirman
ولتسمعن من الذين أشركوا أذى كثيرا
"dan pastilah engkau akan mendengarkan  dari orang yang melakukan kesyirikan berupa celaan dan gangguan yg sangat banyak"

akan tetapi yg harus dituntut adalah kesabaran. Bagaiaman kita bersabar atas cobaan ini.. Maka dari itu, setelah penggalan ayat diatas Allah berfirman:
وإن تصبروا و تتقوا فإن ذالك من عزم الأمور
"seandainya engkau bersabar dan bertakwa maka itulah perkara yang patut didahulukan" (Ali imron: 186)

jadi begitu mb.. semakin orang berada di atas hak semakin mendapatkan cobaan. Rasulullah bersabda
إن أشد الناس بلاءا الأنبياء ثم الأمثل فالأمثل
"manusia yang paling keras cobaannya adalah para nabi kemudian yg semisal dan semisalnya" (HR. Bukhari)

adapun masalah kebenaran video tersebut, saya juga kurang yakin bahwa yang melakukan hal tersebut adalah orang yg bermanhaj salaf. jika memang ia adalah orang yg bermanhaj salaf, bisa jadi ia adalah seorang pemimpin yg mempunyai wilayah dan hak. Sehingga ia dapat melakukan amr ma'ruf nahi munkar dengan tangannya. Karena wajib bagi kita untuk melakukan amr ma'ruf nahi munkar semampunya. Rasul bersabda
من رأى منكم منكرا فليغيره بيده فإن لم يستطع فبلسانه وإن لم يستطع فقلبه و ذالك أضعف الإيمان
"Barang siapa yang melihat dari kalian kemunkaran maka hendaklah ia hilangkan dengan tangannya, jika tidak bisa maka dengan lisannya, jika tidak bisa pula maka dengan hatinya, dan itulah selemah lemahnya iman. (HR.Muslim)
jadi, video diatas masih  mengandung ihtimal dan kemungkinan yang sangat banyak. Tidak bisa kita menghukumi dan meyakini video tersebut. Allahu taala a'lam

Mungkin yang sedikit ini akan bermanfaat buat kita dan kaum muslimin.

PenulisMuhammad Abdurrahman Al Amiry

Artikel
alamiry.net (Kajian Al Amiry)


Anda diperkenankan untuk menyebarkan, re-publikasi, copy-paste atau mencetak artikel yang ada di alamiry.net dengan menyertakan alamiry.net sebagai sumber artikel.


Ikuti status kami dengan menekan tombol like pada halaman FB Muhammad Abdurrahman Al Amiry , dan tombol follow pada akun Twitter @abdr_alamiry

Poskan Komentar

 
Top