0
Betapa banyak orang yang sebelum menikah melihat kepada wajah seseorang akan tetapi tidak melihat kepada hatinya.. mereka lebih memilih lelaki yang tampan tapi berakhlak buruk dari pada lelaki yang sholih.
Begitu pula sebaliknya, banyak dari lelaki yang memilih wanita yang cantik tapi berakhlak buruk daripada wanita yang sholihah..
Bukankah Allah hanya melihat kepada hati dan amalan kita saja?!
Rasulullah bersabda:
ﺇﻥ ﺍﻟﻠﻪ ﻻ ﻳﻨﻈﺮ ﺇﻟﻰ ﺻﻮﺭﻛﻢ ﻭ ﺃﻣﻮﺍﻟﻜﻢ ﻭ ﻟﻜﻦ ﻳﻨﻈﺮ ﺇﻟﻰ ﻗﻠﻮﺑﻜﻢ ﻭ ﺃﻋﻤﺎﻟﻜﻢ
 "sesungguhnya Allah tidak melihat kepada bentuk tubuh kalian dan harta kalian, akantetapi Allah hanya melihat kepada hati dan amalan kalian"
Rasulullah pun bersabda:
ﻓﺎﻇﻔﺮ ﺑﺬﺍﺕ ﺍﻟﺪﻳﻦ ﺗﺮﺑﺖ ﻳﺪﺍﻙ
"carilah wanita yang memiliki agama (akhlak mulia) maka kamu akan mendapatkan keberuntugan"

Menjadi kesalahan besar tatkala seseorang hanya melihat kepada ketampanan nya saja.. betul, ketampanan juga menjadi kriteria seseorang untuk di nikahi,
sebagaimana sabda nabi
ﺗﻨﻜﺢ ﺍﻟﻤﺮﺃﺓ ﻷﺭﺑﻊ ؛ ﻟﺪﻳﻨﻬﺎ ﻭ ﻟﺠﻤﺎﻟﻬﺎ ﻭ ﻟﺤﺴﺒﻬﺎ ﻭ ﻟﻤﺎﻟﻬﺎ
 "seorang wanita di nikahi karena agamnya dan kecantikannya dan nasab nya, serta hartanya"
Akan tetapi jika ketampanannya menyelisihi akhlaknya, adakah nilai baik pada orang tersebut?!
Berhati hati lah.. Jangan kita membangun suatu rumah yang kita tahu suatu saat nanti akan hancur... Begitu pula, jangan kita menjalin suatu akad dengan wanita dalam pernikahan yang suatu saat akan putus karena akhlak buruknya..

Jika kita menginginkan pasangan yang baik, hendaklah kita merubah akhlak kita menjadi akhlak yang baik. Karena tidak lain yang memilih pasangan kita adalah Allah.
Allah berfirman
ﺍﻟﺨﺒﻴﺜﺎﺕ ﻟﻠﺨﺒﻴﺜﻴﻦ ﻭ ﺍﻟﺨﺒﻴﺜﻮﻥ ﻟﻠﺨﺒﻴﺜﺎﺕ ﻭ ﺍﻟﻄﻴﺒﺎﺕ ﻟﻠﻄﻴﺒﻴﻦ ﻭﺍﻟﻄﻴﺒﻮﻥ ﻟﻠﻄﻴﺒﺎﺕ
 "Wanita yang buruk untuk lelaki yang buruk, dan lelaki yang buruk untuk wanita yang buruk pula, sedangkan wanita yang baik untuk lelaki yang baik dan lelaki yang baik untuk wanita yang baik pula"

Semoga Allah menjadikan kita orang2 yang berakhlak mulia dan yang tunduk kepadaNya Amiin yaa As samii'

Poskan Komentar

 
Top